Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Tuesday, March 29, 2016

時間

Apakah itu waktu?
Ia hanya sebuah kata benda. Invisible. Sering melakukan pekerjaan, entah berlari, entah berjalan atau sekedar ingin dihentikan. 
Apakah itu waktu? 
Ia sering disandingkan dengan kata sifat, yang pendek, yang panjang, yang tepat (?)


"Jadi ini masalah waktu?" tanyamu, sedikit ragu. 
Aku mengangguk. 
"Kau menyalahkan waktu?"
Aku menggeleng. 
"Jadi memang karena belum tepat, timing yang tak tepat. Jadwal yang memadat dan tak ada jeda yang bisa kau sisihkan untuk memikirkan itu?" kau menebak-nebak.
Aku diam saja, ketularan meragu. 
"Ada lagi?"
Aku kembali diam. Berpikir. 
"Terlalu banyak yang kau pikirkan, judul yang belum kau putuskan, proposal yang belum kau sentuh, tugas yang kian menumpuk, ujian yang akan menghajar, dan segala remeh-temeh lainnya."
Aku mengamini. Ini, bukan hanya tentang tanggung jawab dan kewajiban, ini juga tentang kesenangan, kebahagiaan, menjalani apa yang sudah diniatkan. Aku benar-benar suka sekolah, kan? 
"Aku rasa kau benar, mungkin memang karena kau belum siap," katamu, mantap.
Aku tersenyum. Iya, itu kesimpulan yang aku dapatkan setelah analisis sebab akibat. 



---
percakapan dalam tengkorak

2 comments:

Post a Comment