Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Thursday, January 9, 2014

Pencapaian



Selamat malam wahai dunia dalam alam pikir.

Beberapa tawa terdengar dari sela desau kipas di bawah kotak kabel tipis. Kacamata sudah bertengger di tempatnya berada. Flashdisk tertancap tepat di wadahnya, siap dilahap untuk diserap sarinya.

Apa yang harus ku lakukan.

Pikiran terus mengulang-ulang satu tema. Lidah terus berkata tentang satu bahan, meski sejujurnya bukan itu yang ada dalam kepala, sama sekali bukan tentang topik utama.

Ke mana kakiku harus ku bimbing? Jalan mana yang harus ku tempuh?

Lalu beberapa profesi muncul sekelebatan. Pengusaha. Pegawai kantoran. Pengajar. Teknisi. Kemudian satu kata hadir mengagetkan. BERHASIL

Apa arti kata itu? Berhasil? Ber-hasil?
Dalam kacamata umum, berhasil seringkali diartikan dengan diperolehnya status, pencapaian dalam hal ekonomi, pencapaian di mata orang lain.

Ber-hasil. Jika boleh aku mengartikannya menurut diriku sendiri. Dalam artian kata, 
ber-hasil adalah memperoleh hasil. Pencapaian akan sesuatu setelah melakukan sesuatu. Tapi diam juga akan berhasil. Bukankah hasil juga bisa nol?

Ya, ada berhasil gagal, berhasil kaya, berhasil tenar, berhasil dipenjara, berhasil masuk surga.

Lalu apa yang ingin ku hasilkan? Uang? Ketenaran? Status sosial? Atau apa?

Nama-nama bermunculan, lengkap dengan pencapaian yang disandang disebelahnya. Pencapaian akan sesuatu yang telah diusahakan, dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Apa yang telah aku lakukan? Apa yang telah aku kerjakan? Apa yang telah aku hasilkan? Lalu apa yang harus aku lakukan.

Pada akhirnya kembali pada yang bukan tujuan tapi prinsip dasar. Kembali pada sebuah noktah di mana-mana yang berhamburan tapi disia-siakan, dianggap tiada dan dilupakan. Noktah akhir dan awal. Tidak berawal dan tidak berakhir.

Pada akhirnya, keberhasilan adalah hasil yang kosong. Pencapaian adalah sebuah puncak usaha yang didapatkan dengan cara perkalian nol dengan nol. Kosong. Titik itu adalah titik yang ada di mana-mana, titik yang bisa dicapai dengan cara penjumlahan bilangan positif dan bilangan negatif.

Bahwasanya, segala keberhasilan, pencapaian adalah omong kosong. Itu bukan milik manusia.

Malang. 8 Januari 2014. 20:20 WIB.
Sedang kacau balau.

0 comments:

Post a Comment