Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Wednesday, December 21, 2011

inikah pluralisme ?

Hari ini tanggal 21 Desember 2011. Empat hari lagi, 25 Desember adalah hari natal, hari raya umat Nasrani. 

Kebetulan tanggal 25 Desember itu adalah hari minggu, pas sekali dengan tanggal merah. Dan di kalender-kalender, tepat tanggal 26 Desember ada bundaran kecil berwarna merah yang berarti cuti bersama. Dan kenapa hanya sehari? Teman-temanku banyak yang mengeluh kenapa hanya sehari saja liburan saat natal, iya, kenapa hanya sehari? 

Well mungkin aku juga tak ikut merayakan hari natal sendiri, tidak juga karena aku ingin liburan lebih panjang. Hanya saja, tidakkah itu terkesan tidak adil? Hari raya idul fitri juga sebenarnya hanya jatuh pada tanggal 1 syawal kalender hijriyah, knapa tidak hanya pada 2 syawal yang libur? kenyataannya libur berlangsung selama seminggu sebelum idul fitri dan seminggu setelah idul fitri. lama beneeeeer ~

Menurut aku, kalau memang benar-benar ingin pluralisme benar-benar berjalan dan toleransi beragama semakin kuat dan rekat, seharusnya semua disama ratakan, walau tidak seminggu, setidaknya benar-benar ada tanggal yang jelas untuk libur. Setidaknya bagi pelajar, kalender itu harus di'benarkan'. Karena untuk para pekerja kita tentu tidak bisa menentukan sendiri masalah pengkalenderan. Dengan adanya keadilan, tentu dapat menghindari timbulnya prasangka-prasangka yang dapat meretakkan tali kerukunan umat beragama yang berbeda-beda di Negara kaya ini.

Jadi, liburnya ditambain ya ya ya??
*ting !

0 comments:

Post a Comment