Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Monday, December 26, 2011

2

2 adalah novel karya Donny Dhirgantoro. Seperti novel sebelumnya dari Donny, 5 cm, novel ini ceritanya simple, tapi banyak makna di dalamnya. Bercerita tentang bulutangkis, hidup, cita-cita, dan cinta. Novel ini sukses membuat saya meneteskan air mata berkali-kali, tumbs for Donny ! 
2 menceritakan tentang kehidupan seorang tokoh wanita bernama Gusni yang menderita penyakit obesitas, tentang cita-citanya menjadi seorang pebulu tangkis untuk membuat kedua orang tuanya bangga melihatnya, tentang cita pertamanya dengan Harry, persahabatannya dengan Nuni dan Ani, serta perjuangannya untuk melawan penyakitnya.

Di dalam buku ini mengajarkan bagaimana menjadi seorang wanita, yang kuat, bukan yang pasrah, bukan pula lemah. 

Juga tentang sebuah mimpi, yang terus dipegang, karena semesta akan bekerja sama untuk membantu meraih mimpimu. Jika kita punya mimpi tanpa kerja keras, itu namanya omong kosong, dan kerja keras tanpa impian, itu namanya pecundang. Mimpi dan impian harus sejalan, berjalan beriringan dalam kehidupan, memaknai setiap langkah dengan usaha untuk meraih mimpi.

Seperti halnya Pak Pelatih dalam novel ini, kita tak boleh meremehkan seseorang, karena sekalipun Tuhan tak pernah.  Ini adalah sebuah kutipan dalam novel tersebut :
"Setiap dari kamu adalah manusia, dan layaknya manusia, hidup tidak ada yang sempurna, tetapi di setiap doamu, kamu tahu, Sang Pencipta sedikitpun tidak pernah meremehkan kekuatanmu.
Setiap dari kamu sudah berjalan cukup jauh dalam hidup, tetapi setiap dari kamu masih ada perjalanan yang harus kamu tempuh. Langkah kaki kita sudah berjalan cukup jauh untuk sampai di sini, tetapi kita selayaknya percaya kalau masih ada langkah untuk berjalan lebih jauh lagi.
Karena hidup tidak pernah sampai di sini.
Karena untuk hidup dan melangkah adalh sebuah anugerah, tetapi untuk terus hidup dan terus melangkah lagi, bekerja keras untuk setiap impian adalh luar biasa.
Karena hidup tak pernah sampai di sini.
Karena semenjak ada di muka bumi ini, dalam hidup manusia telah saling membuktikan kepada manusia lain bahwa mimpi memang menjadi kenyataan, bahwa keajaiban itu ada. Bahwa dengan impian dan kerja keras manusia bisa... melakukan sesuatu yang kadang ia sendiri tidak menyangka ia bisa melakukannya, melakukan hal-hal yang jauh diluar kemampuannya, sebuah keajaiban."

Dan tentang cinta pertama, yang terus tersimpan, tulus, dan penuh pengorbanan. Saat Gusni mengetahui penyakitnya dan berharap Harry meninggalkannya untuk mencari kebahagiaan dari wanita lain, dan saat Harry dengan besar hati meneriama keadaan Gusni dengan penyakitnya, untuk terus dan terus mencintai, dengan berani.

Overall, buku dengan cerita simple ini mengajarkan untuk kita agar terus berjuang bekerja keras untuk meraih mimpi kita, jangan menyerah dengan keadaan yang terjadi dengan pribadi kita, karena keadaan itu bersifat sementara dan kita bisa merubahnya. Dan tentunya untuk berani mencintai, dan mencintai dengan berani -

0 comments:

Post a Comment